SMP KARTIKA II-2 BANDARLAMPUNG 02-JANUARI 1972

LightBlog

Breaking News

LightBlog

Dec 6, 2011

bubar dapodik

From: Aceh Selatan Disdik
Sender: operator-dapodik@yahoogroups.com
Date: Tue, 6 Dec 2011 08:53:39 +0800 (SGT)
To: operator-dapodik@yahoogroups.com
ReplyTo: operator-dapodik@yahoogroups.com
Subject: Bls: [operator-dapodik] bubar dapodik


Sekedar sharing buat rekan-rekan operator dapodik se Indonesia :

Melihat perkembangan situs webnya dapodik (dapodik.org) yang hingga tulisan ini ditampilkan menunjukkan ketidak beresan dalam pengurusan suatu permasalahan, dapodik memang berada di pihak lain (katanya Telkom) dan system hardwarenya, source codenya juga tidak dapat diambil walaupun berita acara serah terima ke PDSP sudah ada, mau tidak mau PDSP terus dituntut untuk bertanggung jawab penuh terhadapap dapodik ini (ibaratnya diserahkan badan, kakinya masih sama orang lain)======> saya rasa hanya meja hijau cara menyelesaian terbaik.

Tanggal 1 jan 2012, dapodik.org ditutup, begitu di webnya tertulis, dan diganti dengan nisn.data.kemdiknas.go.id dan penjelasan system kerjanya juga sudah dijelaskan oleh pengembang dapodik jilid 2 ini ke rekan2 operator pada pertemuan di bogor. Sungguh sayang, hasil amatan saya system yang ditampilkan sangat jauh dari sempurna, sangat beda dengan dapodik.org, dan yang saya sayangkan systemnya bakal di pindahkan ke pustekkom (yang notebenenya semuanya dikerjakan oleh tenaga yang hanya dibayar dengan standar gaji pegawai negeri) yang jelas disana koneksi tidak memadai (ingat server NUPTK).

Amatan saya dalam bebarapa hari ini, systemnya dapodik miliknya go.id ini sepertinya adanya permasalahan di internal, hal ini terbukti program dapodik yang ditampilkan seperti amatiran, jauh dan sangat jauh dari dapodik versi lama (suatu pertanyaan : siapa pengembangan dapadik versi baru ini, apakah mereka di bayar oleh PDSP, atau PDSP hanya menyuruh beberapa orang di PDSP yang ngerti membuat syatem seperti ini ini membuat, sementara mereka belum ada kontrak pembayaran, kalau begini sungguh sangat di sayangkan).

Saya tidak ingin dapodik ini dihapus atau dihilangkan, tapi kalau situasinya seperti ini lebih baik di tutup saja dengan alasan :
  1. ingat kejadikan PADATIWEB, ini sudah ditutup secara resmi dan diganti dengan program lain yang lebih bagus (keputusan yang sagat bagus). Operator boleh berkata sangat disayangkan program yang begitu bagus dalam pendataan kok dihapus, tapi coba pandang dari luar PADATIWEB itu tidak ada apa-apanya jika operator tidak menunjukkan kerja yang optimal, mana hasil data PADATIWEB yang katanya telah diluncurkan sejak 2006, data yang dihasilkan tidak pernah sempurna dari tahun ke tahun, dari pada uang habis pada kegiatan yang hasilnya belum tentu lebih baik buat kegiatan baru yang hasilnya mungkin lebih baik dari yang ada....cam kan itu.
  2. Dapaodik menurut operator sudah lengkap datanya (kata para operator), coba tujukkan buktinya, apakah di webnya dapodik datanya udah lengkap seperti yang diharapkan, banyak sekolah, dan siswanya posisinya masih tidak tentu, siswa ini sudah SMA, dilihat datanya di dapodik, masih di SD, dan banyak masalah-masalah lain yang note benenya banyak pihak melihat tidak ada gunanya (UN sudah tidak mewajibkan anak punya NISN). Masalah lain yang paling saya nggak ngerti adalah sistem mutasi siswa yang seharusnya mutasi siswa tersebut selalu dibuat surat secara resmi oleh dinas pendidikan asal, tetapi operator kadang-kadang dengan bangga menghubungi operator sekolah tujuan kirim sms minta nomor validasi tanpa prosedur (ingat operator bekerja dengan aturan negara, dan jangan buat aturan sendiri, jangan cari alasan untuk kemudahan dan lain sebagainya, ini bukan negara preman, gunakan saja cara resmi).
  3. dapodik lama memang sudah mantap, tetapi sadarlah para operator hardwarenya dan systemnya berada pada orang lain, kita ini bekerja memperbaiki semua data dapodik di versi lama hanya untuk kepentingan pihak lain (bukan kementrian) dan datanya sudah digunakan untuk kepentingan bisnis mereka (operator yang bekerja pihak lain yang memanfaatkan dengan alasan untuk data nasional---coba perhatikan baik-baik siapa saja yan menggunakan data dapodik.....?)
  4. dapodik masa transisi, buat rekan operator untuk sementara buat saja pengumuman di dinas pendidikan masing-masing untuk sementara semua pengurusan dapaodik hingga waktu yang belum ditentukan ditutup), bila ada kejelasan dari PDSP baru loncing lagi.
  5. Hidup dapodik, indonesia tanpa dapodik rasanya hidup tanpa air, pertahankan terus dapodik.........,

Sorry sampai disini dulu entar dilanjutkan, mau masuk acara penutupan rakor dapodik nih...sampai jumpa.

Sumber : Download1 disini
Sumber : Download2 disini

No comments:

Post a Comment

Adbox